saranatanijakarta.com
RSS Feed
Welcome
image

MARDIOTO

0813-9863-5779 (WA/Call); 0895-3756-39991


SARANA TANI JAKARTA
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan
Jakarta Selatan (Tabloid Sinar Tani)
AGEN PENJUALAN:
CIREBON Shadam Hikaruz 0877-7922-2022
KUNINGAN Septian 085295591920
Email: saranatanijakarta@yahoo.com
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

Arsip
HISTATS

Dengan Mekanisasi Lebih Menguntungkan

Era industri generasi ke empat atau yang lebih populer dengan sebutan industri 4.0 yang kini sudah ‘mewabah’ di seluruh dunia, termasuk Indonsesia, ‘memaksa’ seluruh sektor untuk ‘mengikuti irama’ tersebut. Tidak terkecuali sektor pertanian yang di negara kita menjadi penyangga utama sektor industri.

Pembangunan pertanian saat ini mau tidak mau juga harus mengikuti skema 4,0. Kini penerapan teknologi menjadi kebutuhan utama dalam pembangunan pertanian. Yang kemudian terkait erat dengan skema 4.0 di bidang pertanian adalah penggunaan alat dan mesin pertanian yang mengaplikasikan teknologi terkini.

Mekanisasi pertanian yang belakangan gencar dilaksanakan Kementerian Pertanian dari tingkat pusat sampai daerah, telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Selain itu, efisiensi biaya produksi dan meminimalisir dampak perubahan iklim global dengan rekayasa percepatan musim tanam disesuaikan kondisi iklim mikro setempat. Dengan meningkatnya produktivitas, peluang untuk meningkatnya kesejahteraan petani juga semakin terbuka.

Dalam usaha tani padi yang menjadi tulang punggung program percepatan swasembada pangan. Misalnya, hampir semua tahapan produksi mulai dari pengolahan lahan sampai pasca panen, sudah menggunakan teknologi pertanian canggih.

Dimulai dari pengolahan lahan menggunakan traktor atau traktor tangan, penanaman menggunakan rice transplanter, penyiangan menggunakan mesin penyiang, pengendalian hama dan penyakit tanaman menggunakan electric dan automatic sprayer, sampai dengan proses panen dan pasca panen yang kini sudah menggunakan combine harvester.

Melalui mekanisasi pertanian ini, usaha tani padi akan semakin menguntungkan, karena hemat waktu, tenaga dan biaya, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan potensi kehilangan hasil bisa diminimalisir dan ‘profit margin’ yang diterima petani akan semakin besar.

Di sisi lain, mekanisasi pertanian ini juga membuka peluang industri baru berbasis teknologi pertanian yang banyak menyerap tenaga kerja. Demikian juga dengan pengelolaan alat dan mesin pertanian. Jika dikelola dengan baik akan bisa menjadi lahan bisnis baru dan menciptakan lapangan kerja. Mulai dari tumbuhnya Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA), munculnya bengkel-bengkel perawatan alsintan sampai alih teknologi alsintan, merupakan dampak positif dari program mekanisasi pertanian ini. Tabloid Sinar Tani/Fathan/Yul/Ditjen PSP

 

Tue, 30 Apr 2019 @15:13


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PT SITEKNO · All Rights Reserved