saranatanijakarta.com
RSS Feed
Welcome
image

MARDIOTO

0813-9863-5779 (WA/Call); 0895-3756-39991


SARANA TANI JAKARTA
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan
Jakarta Selatan (Tabloid Sinar Tani)
AGEN PENJUALAN:
CIREBON Ibu Hj. Kartini (089660329948 (Call/WA)
KUNINGAN Septian 085295591920 (WA/Call)
Email: saranatanijakarta@yahoo.com
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

Arsip
SLINK
HISTATS

Museum Pertanian Catatan Baru Sejarah Bangsa Indonesia

Pertanian sudah menjadi bagian hidup dan budaya bangsa Indonesia. Karena itu, semangat membangun pertanian tak boleh luntur pada generasi milenial. Salah satunya dengan menghadirkan wahana edukasi pertanian terlengkap di Indonesia dalam bentuk Museum Pertanian.

Senin (22/4) suasana ramai nampak di Jl. Ir. Haji Djuanda No.98, Bogor. Lokasi Museum Tanah dan Pertanian yang biasanya sepi justru ramai dikunjungi masyarakat, bahkan mantan dan pejabat negara.

Hari itu akan menjadi catatan sejarah baru bagi Bangsa Indonesia. Sehari setelah peringatan Kelahiran Ibu Kartini, pemerintah meresmikan Museum Pertanian yang berada dalam kompleks Museum Tanah.

Kehadiran Museum Pertanian menjadi destinasi wisata edukasi baru bagi masyarakat di Kota Hujan, Bogor. Museum Pertanian ini digagas beberapa Menteri Pertanian era sebelumnya yakni, Sjarifuddin Baharsjah (Menteri Pertanian Indonesia,1993-1998), Anton Apriyantono (Menteri Pertanian 2004-2009), Suswono (Menteri Pertanian 2009-2014) dan Rusman Heriawan (Wakil Menteri Pertanian 2011-2014).

Museum pertanian ini bukan hanya pertama di Indonesia dari segi jumlah kelengkapan koleksi, namun juga museum pertanian terbaik di kawasan Asia Tenggara. Bagaimana tidak, Museum Pertanian ini mengambil tema Connecting Past to the Future yaitu bertolak dari masa lalu untuk menapak masa depan.

Berkunjung ke Museum Pertanian, kita akan mengetahui bagaimana perjalanan sejarah pertanian Indonesia. Bukan hanya itu, keragaman sumberdaya lahan pertanian, keragaman sumber daya genetik tanaman dan ternak, perkembangan inovasi dan kebijakan pembangunan pertanian sejak masa penjajahan sampai sekarang. Termasuk menggambarkan kondisi pertanian Indonesia masa depan, yakni Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045.

Museum ini juga menjadi pusat informasi inovasi pertanian dan budaya tani di Indonesia serta menjadi objek pendidikan bersejarah yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan masyarakat dari segala usia dan semua kalangan.

Diharapkan juga membangkitkan kepedulian generasi muda untuk terlibat aktif membangun pertanian, termasuk menjadi tempat bagi rekreasi keluarga dan sarana interaksi antar generasi. Berikut ini harapan berbagai tokoh pertanian Indonesia.

Tue, 30 Apr 2019 @15:14


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PT SITEKNO · All Rights Reserved