saranatanijakarta.com
RSS Feed
Welcome
image

MARDIOTO

0813-9863-5779 (WA/Call); 0895-3756-39991


SARANA TANI JAKARTA
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan
Jakarta Selatan (Tabloid Sinar Tani)
AGEN PENJUALAN:
CIREBON Ibu Hj. Kartini (089660329948 (Call/WA)
KUNINGAN Septian 085295591920 (WA/Call)
Email: saranatanijakarta@yahoo.com
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

Arsip
SLINK
HISTATS

Lanjutkan Bantuan Alsintan

Program mekanisasi pertanian dan bantuan alat dan mesin pertanian diminta Komisi IV DPR RI untuk dilanjutkan. Mekanisasi pertanian telah membuat para petani semakin bergairah. Biaya produksi lebih efisien, frekuensi tanam dan panen lebih banyak dalam setahun, dan membuat usaha tani di perdesaan lebih modern.

Program mekanisasi pertanian berhasil menekan biaya operasional 35 persen hingga 48 persen dalam produksi usaha tani padi. Waktu yang digunakan untuk mengolah tanah juga berkurang. Tanpa meka­nisasi, petani bisa membajak sawahnya 1 hektar berhari-hari, tapi dengan traktor membajak sawah cukup 2 hingga 3 jam saja.

Tidak hanya itu, dengan peng­gunaan alsintan panen dan pasca panen modernpun, penyusutan hasil panen (losses) sebesar 10 persen dapat diselamatkan. Demikian juga indeks pertanaman padi yang dulunya hanya 1 kali setahun, kini petani bisa 3 kali tanam dalam setahun karena proses pengolahan dan panen yang cepat. Pendapatan petani pun ikut naik.

Program mekanisasi pertanian ini perlu terus diperluas hingga lahan rawa dan daerah terpencil. Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) juga perlu dukungan program mekanisasi pertanian. Demikian juga di daerah pinggiran.

 Mewujudkan modernisasi pertanian di daerah pinggiran sangat mungkin direalisasikan di Indonesia. Pasalnya, Kementan telah memiliki modal atau fondasi yang kuat yang telah dibangun selama hampir 5 tahun di era pemerintahan Joko Widodo - JK.

 Hal yang tetap harus menjadi perhatian pemerintah adalah bagaimana alsintan yang diberikan pemerintah itu bisa memiliki umur yang panjang dan lebih berdaya guna, Dalam konteks ini maka pemantapan organisasi petani melalui pengembangan Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) akan sangat membantu agar modernisasi pertanian di perdesaan benar-benar bisa terwujud.

Petani penerima bantuan juga perlu dit­ingkatkan ilmu pengetahuannya dalam penggunaan dan perawatan alsintan yang baik dan benar. Dengan demikian, penggunaannya bisa lebih efektif lagi sehingga kesejahteraan petani bisa menjadi jauh lebih baik. Mudah-mudahan bantuan Alsintan tidak berhenti pada tahun 2019. (Tabloid Sinar Tani)

Tue, 2 Jul 2019 @14:47


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PT SITEKNO · All Rights Reserved