saranatanijakarta.com
RSS Feed
Welcome
image

MARDIOTO

0813-9863-5779 (WA/Call); 0895-3756-39991


SARANA TANI JAKARTA
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan
Jakarta Selatan (Tabloid Sinar Tani)
AGEN PENJUALAN:
CIREBON Shadam Hikaruz 0877-7922-2022
KUNINGAN Septian 085295591920
Email: saranatanijakarta@yahoo.com
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

Arsip
HISTATS

Deteksi Hara dengan Smart Soil Sensing Kit

image

Kit soil tester ini adalah teknologi terbaru dari Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang bisa digunakan untuk deteksi hara dan keperluan pupuk yang cepat dan murah. “Kita bisa mengetahui sifat kimia, fisika, biologi serta status unsur hara, tanah. Hasil analisis ini bermanfaat dalam memberikan rekomendasi pemupukan untuk perbaikan kesuburan tanah serta meningkatkan produktivitas tanaman," tutur Kepala Balitbang Pertanan, Fadjry Djufry.

Selama ini untuk memperoleh informasi terkait sifat-sifat tanah diperlukan waktu pengiriman contoh tanah dan analisis kimia di laboratorium. Karenanya, informasi khususnya tingkat kesuburan tanah diperlukan waktu serta biaya yang tidak sedikit.

Seiring perkembangan teknologi 4.0 dimana semua informasi termasuk informasi kesuburan tanah diharapkan dapat ditetapkan dengan cepat, tepat dan ramah lingkungan, maka Smart Soil Sensing Kit adalah jawabannya. Perangkat Smart Soil Sensing Kit (S3K) yang merupakan terobosan teknologi advance dalam analisis tanah menggunakan Sensor Near Infrared (NIR) dengan panjang gelombang 1.300-2600 nm.

Sensor tersebut digunakan untuk mengukur sifat kimia dan fisika tanah terdiri dari pH, tekstur, C, N, P, K, Ca, Na, Mg, kapasitas tukar kation (KTK) dan kejenuhan basa (KB) di dalam tanah secara langsung. S3K ini dilengkapi dengan decision support dalam menetapkan rekomendasi pupuk sesuai sifat tanah dan kebutuhan hara tanaman. Dengan demikian pupuk dapat diberikan tepat dosis sesuai target produksi. (Tabloid Sinar Tani/Gsh/Yul)

Wed, 11 Dec 2019 @15:06


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PT SITEKNO · All Rights Reserved