saranatanijakarta.com
RSS Feed
Welcome
image

MARDIOTO

0813-9863-5779 (WA/Call); 0895-3756-39991


SARANA TANI JAKARTA
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan
Jakarta Selatan (Tabloid Sinar Tani)
AGEN PENJUALAN:
CIREBON Ibu Hj. Kartini (089660329948 (Call/WA)
KUNINGAN Septian 085295591920 (WA/Call)
Email: saranatanijakarta@yahoo.com
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

Arsip
HISTATS

Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi digitalisasi dan penggunaan internet untuk pertanian terus digencarkan pemerintah, yang berusaha mentransformasi dari pertanian tradisional menuju pertanian modern. berikut ini beberapa alasan mengapa kita tidak boleh meremehkan sektor pertanian.

selengkapnya...

Tue, 30 Apr 2019 @15:14

Dengan Mekanisasi Lebih Menguntungkan

Era industri generasi ke empat atau yang lebih populer dengan sebutan industri 4.0 yang kini sudah mewabahâ di seluruh dunia, termasuk Indonsesia, memaksaâ seluruh sektor untuk mengikuti iramaâ tersebut. Tidak terkecuali sektor pertanian yang di negara kita menjadi penyangga utama sektor industri.

selengkapnya...

Tue, 30 Apr 2019 @15:13

Gerak Cepat Jaga Harga Gabah

image

Panen padi di sejumlah daerah terus berlangsung. Untuk menjaga agar harga gabah yang terjun bebas, Perum Bulog diminta bergerak cepat membeli gabah petani. Bulog pun menyatakan siap membeli gabah petani dengan harga komersil.

selengkapnya...

Mon, 15 Apr 2019 @16:07

Alsintan Gerakkan Roda Usaha Tani di Daerah Pinggiran

Program modernisasi pertanian Kementerian Pertanian berdampak nyata terhadap pembangunan pertanian di daerah pinggiran. Bantuan alat mesin pertanian (alsintan) seperti combine harvester (mesin panen padi) traktor roda 4, transplanter (alat tanam padi), cultivator dan pompa air telah memajukan pertanian di Kabupaten Sikka, NTT.

selengkapnya...

Mon, 15 Apr 2019 @16:02

Usaha Perkebunan Lebih Efisien dengan Mekanisasi

image

Modernisasi pertanian dengan mekanisasi membuat usaha tani menjadi lebih efisien, bahkan mampu meningkatkan produktivitas tanaman. Begitu juga dalam usaha perkebunan.

selengkapnya...

Mon, 15 Apr 2019 @15:54

Menuju Lumbung Pangan Dunia dengan Modernisasi Pertanian

image

Kementerian Pertanian telah mencanangkan program Lumbung Pangan Dunia 2045. Pada tahun tersebut bangsa Indonesia merayakan seabad Kemerdekaan. Salah satu langkah menjadikan Lumbung Pangan Dunia adalah dengan modernisasi pertanian.

selengkapnya...

Mon, 18 Mar 2019 @13:59

Pompa Air Apung, Lebih Praktis untuk Petani

image

Salah satu upaya menjaga ketersediaan air untuk kebutuhan tanaman adalah dengan mengalirkan air yang berasal dari sumber baik berupa mata air, waduk, danau, sungai, maupun air tanah menuju petakan lahan pertanian, kegiatan inilah yang dikenal dengan irigasi.

selengkapnya...

Mon, 18 Mar 2019 @13:55

Bungkil Sawit pun Eksis di Pasar Ekspor

image

Kelapa sawit dan olahannya memang dikenal merajai ekspor produk pertanian Indonesia. Sekalipun produk pertanian lainnya kita tengah berlomba-lomba untuk eksis di pasar internasional, namun sawit tetap tidak mau kalah.

selengkapnya...

Fri, 8 Mar 2019 @18:09

Menjembatani Peternak dan Petani Jagung

image

Menghadapi panen raya jagung akhir-akhir ini, pemerintah akan menjembatani antara petani jagung dan peternak ayam petelur. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita beranggapan, petani jagung dan peternak ayam itu ibaratnya memiliki hubungan simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan.

selengkapnya...

Fri, 8 Mar 2019 @18:07

Panen Jagung, Ini Himbauan Pemerintah

Panen jagung yang berlangsung di sejumlah sentra produksi diperkirakan berlangsung selama dua bulan ke depan. Ada beberapa himbauan pemerintah agar harga jagung di petani tidak turun di bawah harga pembelian pemerintah (HPP) Rp 3.150/kg.

selengkapnya...

Fri, 8 Mar 2019 @17:58

Semangat Mewujudkan Kedaulatan Pangan

Semakin dekat hari pencoblosan, aktivitas kampanye para calon anggota legislatif juga presiden dan wakilnya cenderung semakin intensif dan seru. Berbagai media sarat dipenuhi jargon dan slogan kampanye yang membius. Sementara media sosial dan panggung kapanye terbuka dijejali perang pernyataan dan tangkisan antar kandidat. Seperti kata banyak pengamat, sampai saat ini belum ada kandidat yang tajam memaparkan substansi permasalahan yang dihadapi negeri ini sekaligus solusi pemecahannya. Yang terjadi hanya debat urusan sepele dan remeh temeh, bahkan cenderung keluar dari koridor kampanye. Untungnya, tema tentang produksi dan swasembada pangan sempat terungkap pada debat kedua calon presiden sehingga kita tahu sedikit gambaran arah kebijakan mereka bila nanti terpilih.

selengkapnya...

Wed, 6 Mar 2019 @16:59

Debat Impor Pangan

Pentas debat kandidat presiden berlangsung semakin seru dan menarik. Dalam debat kedua yang membahas masalah ekonomi, tampak kedua calon presiden tampil semakin ofensif bahkan cenderung saling menyerang.

selengkapnya...

Wed, 27 Feb 2019 @13:41

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 »

Copyright © 2020 PT SITEKNO · All Rights Reserved